PERANGKAT PEMROSES, SISTEM, FUNGSI DAN STRUKTUR KELUARAN
A.
Pengertian Perangkat Pemroses (Process Devices)
Menurut Jogiyanto
(Jogiyanto, 2005, hal. 153), perangkat pemroses adalah alat dimana intruksi
intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat
input dan hasilnya akan ditampilkan di alat output. Perangkat pemroses atau
pengolah data dalam komputer menurut Supriyanto (Supriyanto, 2005, hal. 17)
adalah prosesor (processor) atau lengkapnya adalah mikroprosesor (microprocessor)
yang disimbulkan dengan µP, namun umumnya pengguna komputer menyebutnya sebagai
CPU (Central Processor Unit).CPU merupakan otak bagi sebuah sistem komputer.
Tugas CPU adalah
melaksanakan dan mengawal keseluruhan operasi komputer sehingga bisa dikatakan
hampir keseluruhan pemikiran dilaksanakan di sini, sehingga sering dinamakan
sebagai otak komputer.CPU tempatnya terletak pada papan induk (motherboard),
pada bagian inilah juga terletak segala pusat perangkat komputer seperti
memori, input-output (I/O) port, dan sebagainya.
CPU memiliki 3 komponen
utama yang merupakan bagian tugas utama CPU yaitu unit kendali (Control
Unit/CU), Unit Aritmatika dan logika (Aritmatic and Logic Unit/ALU) serta
komponen register, berikut penjelasannya (Jogiyanto, 2005, hal. 153):
a. Unit
Kendali (Control Unit/CU)
Bagian ini bertugas
mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
Control unit mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah
serta kapan ditampilkan pada alat output. Control unit mengartikan
intruksi-intruksi dari program komputer, membawa data dari alat input ke main
memory. Mengambil data dari main memory untuk diolah.Bila ada intruksi untuk
perhitungan arithmatika atau perbandingan logika. Control unit mengirim intruksi
tersebut ke arithmatic and logic unit. Hasil dari pengolahan data ini dibawa
oleh control unit ke main memory lagi untuk disimpan. Jadi tugas dari control
unit adalah sebagai berikut ini:
·
Mengatur dan mengendalikan alat-alat input
dan output.
·
Mengambil intruksi-intruksi dari main
memory.
·
Mengambil data dari main memory apabila
diperlukan oleh proses.
·
Mengirim intruksi ke arithmetic and logic
unit
·
Menyimpan hasil proses ke main memory.
b. Arithmetic
and Logic Unit (ALU)
Tugas utama dari
arithmatic and logic unit (ALU) adalah melakukan semua perhitungan aritmatika
atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.ALU melakukan
operasi aritmatika dengan dasar pertambahan, sedangkan operasi aritmatika yang
lainnya seperti pengurangan, perkalian dan pembagian dilakukan dengan dasar
penjumlahan.Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk
melaksanakan operasi aritmatika disebut dengan adder.
Tugas lain dari ALU
adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.
Operasi logika (logical operation) meliputi perbandingan dua buah elemen logika
dengan menggunakan operator logika, yaitu:
·
Sama dengan ( = )
·
Tidak sama dengan ( <> )
·
Kurang dari ( < )
·
Kurang atau sama dengan dari ( <= )
·
Lebih besar dari ( > )
·
Lebih besar atau sama dengan dari ( >=
)
c. Register
Register merupakan
simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi. Lebih cepat sekitar 5 sampai 10
kali dibandingkan dengan kecepatan perekaman atau pengambilan data di main
memory. Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang
diproses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu
giliran untuk diproses masih disimpan di main memory.
Secara analog, register
ini dapat diibaratkan dengan ingatan di otak bila anda melakukan pengolahan
data secara manual. Sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi
ingatan-ingatan.Satuan kendali yang mengendalikan seluruh kegiatan tubuh dan
mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
Program yang berisi
kumpulan dari instruksi-instruksi dan data diletakkan di main memory yang
diibaratkan sebagai sebuah meja.Anda mengerjakan program tersebut dengan
memproses satu persatu instruksiinstruksi yang ada di dalamnya mulai dari
instruksi yang pertama.Instruksi ini anda baca dan diingat (instruksi yang
sedang diproses disimpan di register). Misalnya instruksi tersebut berbunyi
hitung C = A + B, maka anda membutuhkan data untuk nilai A dan B yang masih ada
di meja. Data tersebut anda baca dan masuk keingatan anda (data yang sedang
diproses disimpan di register), yaitu A bernilai 2 dan B bernilai 3.
Sekarang di ingatan otak
anda telah tersimpan suatu instruksi dan nilai data A serta B, dengan demikian
nilai dari C dapat anda hitung hasilnya, yaitu sebesar 5. Hasil dari
perhitungan ini perlu anda tuliskan kembali ke meja (hasil pengolahan
direkamkan kembali ke main memory). Setelah semua instruksi selesai anda
proses, kemungkinan program, data dan hasil pengolahan ingin anda simpan secara
permanen untuk keperluan dilain hari dan dapat anda simpan di filling cabinet.
Simpanan luar komputer diibaratkan sebagai filling cabinet, jadi ada 3 macam
ingatan yang dipergunakan di dalam sistem komputer, yaitu sebagai berikut ini:
Register
yang berhubungan dengan instruksi yang sedang diproses adalah instruction
register dan program counter. Instruction register (IR) atau disebut juga
dengan program register digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang
diproses. Program yang berisi kumpulan dari instruksi, pertama kali ditempatkan
di main memory.Pemrosesan program dilakukan instruksi per instruksi. Instruksi
yang mendapat giliran untuk diproses, diambil dari main memory dan disimpan di
instruction register (IR).
Program
counter (PC) atau disebut juga control counter atau instruction counter adalah
register yang digunakan untuk menyimpan alamat (address) lokasi dari main
memory yang berisi instruksi yang sedang diproses. Selama pemrosesan instruksi
yang dilakukan oleh CPU, isi dari program counter (PC) dirubah dengan alamat
dari main memory berikutnya yang berisi instruksi selanjutnya yang mendapat
giliran untuk diproses. Sehingga bila pemrosesan sebuah instruksi selesai
dilakukan, tidak ada waktu yang terbuang untuk mencari jejak dari instruksi
berikutnya yang akan diproses, karena alamat atau letak dari instruksi tersebut
sudah berada di program counter.
B.
Fitur-Fitur Perangkat Pemroses (Processor)
Saat ini menurut
Supriyanto (Supriyanto, 2005, hal. 18) prosesor memiliki fitur-fitur baru pada
arsitekturnya untuk membantu meningkatkan segala sesuatu (kinerja) pada
berbagai tipe aplikasi khusus. Fitur-fitur pada teknologi prosesor adalah:
· SMM (System Management Mode)
SMM memiliki ciri-ciri disatukan ke dalam chip secara fisik tapi beroprasi secara independent untuk mengontrol pemakaian power oleh prosesor berdasarkan tingkat aktifitasnya. Prosesor ini pertama kali dikeluarkan pada prosesor Intel 486SL, yang merupakan versi perbaikan dari prosesor 486DX, hingga akhirnya digunakan pada prosesor Pentium.
SMM memiliki ciri-ciri disatukan ke dalam chip secara fisik tapi beroprasi secara independent untuk mengontrol pemakaian power oleh prosesor berdasarkan tingkat aktifitasnya. Prosesor ini pertama kali dikeluarkan pada prosesor Intel 486SL, yang merupakan versi perbaikan dari prosesor 486DX, hingga akhirnya digunakan pada prosesor Pentium.
· Superscalar Execution
Pentium generasi ke lima dan fitur
prosesor yang lebih baru mengadakan pipeline eksekusi instruksi internal, yang
membuatnya dapat mengeksekusi banyak instruksi pada saat yang sama. Arsitektur
superscalar biasanya dikaitkan dengan chip RISC (Reduced Instruction Set
Computer) dengan high-output.
· MMX
Oleh Intel MMX hanyalah merupakan susunan
huruf, namun oleh beberapa orang memberikan ekstensi MultiMedia atau Matematica
Metric. Teknologi MMX diperkenalkan pada prosesor Pentium generasi kelima
sebagai jenis add-on yang memperbaiki kompresi/dekompresi video, manipulasi
image, enkripsi, dan I/O processing.
· SSE (Streaming SIMD Extention).
Diterapkan mulai pada Pentium-III, yang
memasukkan 70 instruksi baru untuk pemrosesan grafis dan suara lebih banyak
dibanding MMX. Kemudian disusul SSE2 yang diperkanalkan pada November 2000
bersamaan dengan munculnya Pentium-IV dengan menambahkan 144 instruksi SIMD
(Single Instruction Multiple Data) tambahan. SSE dan SSE2 terutama berguna
dengan MPEG2 decoding, yang merupakan skema standar yang digunakan pada disk
DVD video.
C.
Tipe-Tipe Perangkat Pemroses (Processor)
Prosesor memiliki desain koneksi
pada motherboard yang berbeda-beda, koneksi tersebut antara lain berupa soket
atau slot. Bentuk koneksi prosesor ke motherboard.Pada beberapa jenis kasus,
jenis prosesor menempel langsung (on-board) pada motherboard. Namun, kebanyakan
disajikan secara terpisah, sehingga akan memberikan kemudahan dalam melakukan
upgrade (penggantian) tipe kapasitas prosesor selama masih sesuai dengan jenis
motherboardnya.
Jenis koneksi soket
merupakan koneksi prosesor pada motherboard yang pemasangannya berdasarkan pin-pin
(jari-jari) yang ada pada prosesor yang disesuaikan pada jumlah lubang pin pada
motherboard. Sedangkan jenis koneksi slot merupakan koneksi prosesor pada
motherboard yang bentuknya seperti slot pada ISA atau PCI tapi hanya bisa
dipasangkan pada prosesor
Banyak model soket atau
slot yang dikenal sesuai dengan perkembangan kecepatan prosesor seperti soket1,
soket2, soket3, soketA, slot 1 dan sebagainya. Merek-merek mikroprosesor yang
dikenal seperti Intel (tipe Pentium, Celeron, Xeon, dan sebagainya), AMD
(Athlon, Duron, dan sebagainya), Cyrix atau Motorolla (biasanya digunakan untuk
Macintosh).Karana mikroprosesor adalah otak yang mengatur sebagian besar
aktivitas kerja komputer, maka bagus tidaknya sebuah mikroprosesor mempengaruhi
bagus tidaknya kerja komputer. Jenis prosesor mempengaruhi kecepatan proses
suatu komputer, hal ini akan berakibat pula pada program-program aplikasi apa
saja yang dapat dioperasikan pada komputer tersebut. Kecepatan proses pada CPU
ditentukan oleh ciri dan kapasitas kecepatan frekuensi (dihitung dalam unit Mhz
atau Ghz).
D.
System keluaran computer
System output adalah
hasil dari suatu proses menerima data dari hasil pengolahan pada bagian
pemroses. Perangkat keluaran digunakan untuk menampilkan hasil yang dikerjakan
oleh prosesor. Hasil tersebut bias ditampilkan dalam bentuk hardcopy atau
setakan.
Komentar
Posting Komentar